Ini 7 Perusahaan Asuransi Terbesar di Dunia

Pada era yang semakin canggih ini perusahaan asuransi sudah pasti memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan. Selain ketidakpastian yang bermunculan, masyarakat juga ingin melindungi asetnya dari ketidakpastian tersebut. Maka dari itu, perusahaan asuransi akan semakin bertumbuh saat ini.

Kamu perlu tahu bahwa dari banyaknya jenis asuransi, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dana pensiun hingga asuransi perjalanan yang ditawarkan perusahaan asuransi, jenis asuransi yang menawarkan jaminan kesehatan masih menjadi yang paling diminati hingga saat ini.

Popularitas jenis asuransi kesehatan ini tentunya beralasan. Pasalnya, bentuk dan gaya hidup urban membuat warga perkotaan kurang sehat. Bahkan kualitas udara yang menjadi isu global termasuk di kualitas udara di Indonesia.

Namun, kesadaran penggunaan asuransi tidaklah merata. Biasanya hanya dari kalangan ekonomi mapan saja yang melengkapi dirinya dengan asuransi dari swasta. Masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah sudah cukup menerima dengan asuransi dari pemerintah, yakni BPJS Kesehatan.

Alasannya, banyak kebutuhan membuat seseorang tidak bisa membayar nilai polis mahal dengan gaji setiap bulannya. Jadi jangankan untuk melengkapi diri dengan asuransi dari perusahaan asuransi jiwa, untuk asuransi kesehatan saja hanya dari asuransi pemerintah.

Namun hal ini juga membuat para perusahaan asuransi berlomba-lomba menawarkan polis yang cocok dan sesuai kantong untuk sebagian besar masyarakat di kota besar. Selain polis, ada juga hal lain yang harus diperhatikan yakni harga premi yang harus dibayar setiap bulannya.

Tapi kalau kamu lagi bingung dan pengin cari perusahaan asuransi berdasarkan kapitalisasi pasar terbesar di dunia hari ini bisa langsung melihat daftarnya berikut ini:

1. Perusahaan Asuransi AXA – Rp806 triliun

Perusahaan asuransi yang masuk dalam daftar asuransi adalah brand AXA yang diadaptasi oleh Bank Mandiri. Asuransi AXA sudah berdiri dan mulai beroperasi semenjak tahun 1816 di mana perusahaan berasal dari negara Perancis.

Lini bisnis dan operasi AXA berkembang dan berjalan pada 56 negara di dunia dan memiliki lebih dari 102 juta pelanggan. Total karyawannya sendiri sekitar 125 ribu jiwa. Selanjutnya jika berbicara mengenai kapitalisasi pasar dunia, AXA menyentuh Rp806 triliunan.

2. Allianz – Rp1.442 triliun

Selanjutnya juga ada asuransi Allianz yang sudah berdiri semenjak tahun 1890 di kota Munich, Jerman. Di Indonesia perusahaan Allianz sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu pilihan masyarakat perkotaan.

Tidak hanya menjalankan bisnis asuransi, Allianz juga memiliki di bidang kebutuhan finansial. Sedikitnya sudah 70 negara di dunia yang berhasil menggunakan polis asuransi ini. Sementara untuk kapitalisasi pasar, Alianz berhasil mengumpulkan hingga mencapai angka Rp1.442 triliun.

3. China Life Insurance – Rp1.700 triliun

Selanjutnya ada perusahaan asuransi yang tidak kalah besar perusahaan asal China yang bernama China Life Insurance yang sudah berdiri semenjak tahun 1949. Sebagian besar kepemilikannya dimiliki oleh pemerintahan.

Saham China Life Insurance juga diperdagangkan pada beberapa bursa efek seperti New York Stock Exchange, Hong Kong Stock Exchange dan Shanghai Stock Exchange. Selanjutnya, kapitalisasi pasar China Life Insurance hingga kini sudah menyentuh Rp1.700 triliun.

4. AIA – Rp1.728 triliun

Selanjutnya ada perusahaan asuransi AIA. Salah satu perusahaan asuransi yang juga beroperasi di negara Indonesia layaknya AXA dan Allianz. Perusahaan Asuransi AIA berdiri pada tahun 1919 di Singapura dan sekarang berkantor pusat di Hong Kong.

Sekarang ini AIA terdapat 18 negara yang ssudah berhasil dalam menaklukan bisnis asuransinya seperti misalkan di Australia, China dan India. AIA memiliki kapitalisasi pasar mencapai Rp 1.728 triliunan.

5. United Health Group – Rp3.156 triliun

Urutan perusahaan asuransi terbesar berikutnya adalah asuransi United Health Group yang didirikan pada tahun 1977. Korporasi ini berpusat di kota Minnesota, Amerika Serikat.

Asuransi United Health Group memiliki jumlah nasabah pelanggan yang sudah dimiliki di 125 negara lainnya sebanyak 115 juta jiwa.

Dengan jumlah pelanggan di 125 negara tersebut, pantas saja United Health Group sukses membukukan kapitalisasi pasar sebanyak Rp3.156 triliun hingga hari ini.

6. Ping An Insurance – Rp3.470 triliun

Ping An Insurance juga merupakan sebuah asuransi yang berasal dari negeri Tirai Bambu dengan nama Perusahaan Asuransi Ping An of China. Jika Anda bandingkan dengan asuransi dari korporasi lainnya, umur perusahaan ini terbilang cukup muda karena baru berdiri tahun 1988.

Asuransi ini memiliki kantor yang berada pada pusat kota Shenzhen, China dan mempunyai usaha lainnya di bidang properti yang tidak kalah menguntungkan. Selanjutnya nominal kapitalisasi pasar yang berhasil dicapai oleh Ping An of China sebesar Rp3.470 triliun.

7. Berkshire Hathaway – Rp7.334 triliun

Berkshire Hathaway merupakan sebuah asuransi terbesar yang ada di dunia saat ini. Berkshire Hathaway dibangun pada tahun 1889 dan memiliki afiliasi dengan Warren Buffet.

Peusahaan korporasi ini berkantor pusat di kawasan Nebraska, Amerika Serikat. Perusahaan juga banyak berinvestasi di ragam industri lain seperti transportasi, energi dan manufaktur. Jadi pantas saja kalau cuan yang didapatkan begitu besar.

Saat ini, Berkshire Hathaway berhasil memiliki kapitalisasi pasar dengan nilai yang mencapai Rp 7.334 triliun.

Nah itulah beberapa Perusahaan Asuransi terbesar di dunia terbesar yang berdasarkan kapitalisasi pasar yang dimiliki. Dari ketujuh nama tersebut terdapat empat nama yang familiar sekali di Indonesia antara lain; AXA, China Life, AIA dan Allianz. Empat perusahaan asuransi ini terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA : Cari Tahu Perusahaan Asuransi Terbaik di Dunia dan di Indonesia, Yuk!